Tuesday, November 17, 2015

Softfile Kalender 2016 Full 12 Bulan Cdr Hanya 25 ribu

Buat agan-agan yang berminat dengan file Kalender 2016 dalam format CDR bisa menghubungi no 087831907001. Dengan biaya registrasi 25 ribu aja (pulsa aja biar gampang), agan akan mendapatkan kiriman file Kalender 2016 full 12 bulan. Dengan tanggalan Jawa dan Arab juga. Editble pokoknya, mulai dari warna hingga font. Tampilan Kalender kami lumayanlah. Nanti filenya akan kami kirim melalui email najibfiun@gmail.com.

Minat? Hubungi 087831907001

Tuesday, January 13, 2015

Lirik Sholawat Syi'ir Pepali Ki Ageng Selo

Allahumma sholli 'ala sayyidina.
Muhammadin thibbil qulubi wadawaiha.
Wa'afiyatil abdani wa syifa'iha.
Wa nuuril abshoori wadliyaaiha.
Wa alaa alihi washohbihi wasallim.

Pepali ki ageng, selo amberkahi
Ojo gawe angkuh, ojo ladak lan ojo jahil
Ojo ati serakah lan ojo celimut,
Ojo buru aleman lan ojo ladak
Wong ladak pan gelis mati, lan ojo ati ngiwo

Niruho wong mulyo, habaib ulomo
Niyat hormat golek tsawab ujar berkah kang minulyo
Ojo sampe modo, ora keno nyelo
Luwih becik derek tindak lampah pinuji minulyo
Tembung alus ati ati, lungguhe ojo sembrono

Sopo nandur bagus, bakal panen ugo
Seneng ayem bahagia, anak putu sak kluwargo
Lamun dadi penggede, printah anak buahe
Ojo nganti keras kaku, sak seneng karepe dewe
Dadiyo siro pelindung, printah kelawan kiro kiro

Iling lan waspodo, dawuh kang utomo
Senengno jiwamu lan atimu, ojo salah tompo
Pitutur kang luhur, printahe agomo
Ojo simpang siur, tindak ngawur ndadekno sengsoro
Dadiyo wong agung kang minulyo, tumindak sempurno

Nindaki kewajiban, kanti dasar iman
Akhlaq bagus tumus, sabar alus noto ati mapan
Ta'at lan ngabekti, perintahe gusti
Nindakno ngibadah, netepi printah amal kang pinuji
Nyadong ridlo rahmat lan syafa'at saking kanjeng nabi.

Selamat Bersholawat :)
Saturday, October 18, 2014

SKM Amanat Adakan Pra Workshop

SEMARANG, blogane surgaane.blogspot.com – Surat Kabar Mahasiswa (SKM) Amanat, kemarin (18/10), mengadakan kegiatan Pra Workshop di Lantai 1 Audit 1 Kampus 1 IAIN Walisongo Semarang.

Kegiatan ini rencananya akan diadadakan selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Dan diikuti oleh 37 peserta yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di IAIN Walisongo. Peserta tersebut merupakan hasil seleksi tes dan wawancara yang diadakan 1 miggu yang lalu.

Enam pembicara dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Beberapa materi yang disampaikan adalah keredaksian, sastra, ke-Amanat-an, dan lain-lain. Salah satunya adalah Abdul Arif, alumni SKM Amanat yang membawakan materi jurnalisme online. Beliau menuturkan bahwa jurnalisme online sangat cepat perkembangannya, SKM Amanat jangan sampai ketinggalan.


Syafiun Najib, salah satu peserta menuturkan “senang sakali rasanya bisa megikuti Pra Workshop ini, pematerinya keren dan berkompeten.” Najib juga berharap agar dia bisa lolos seleksi dan bergabung dengan kru SKM Amanat.
 
Menurut ketua panitia Emala, selain untuk menjadi penilain kami kepada pendaftar kru baru, acara Pra Workshop ini juga sebagai bekal materi untuk kegiatan Workshop sebenarnya yag akan diadakan di Wonosobo, bulan November depan.

(MS Najib)
Saturday, August 9, 2014

Cara Menambah Signal Modem Buatan Sendiri

Menambah Signal Modem dengan Antena Buatan Sendiri

 

Teman-teman pasti saat ini sedang kebingungan, karena kualitas internet yang dipakai sangat buruk. Sehingga untuk browsing, komunikasi dan lain sebagainya terasa tidak nyaman. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya signal operator yang kita pakai sangat sedikit bahkan edge pun tidak ada.
Kejadian seperti ini juga pernah saya alami. Tapi dengan sedikit usaha, Signal modem saya semakin baik. langsung saja saya kasih tahu solusinya. semoga beneran bisa ya :)

Bahan membuat antena
- Modem (sudah pasti)
- Bambu
- Tutup priuk/dandang
- Kabel USB 4/5 m
- Botol obat/bedak yang muat untuk mo
dem
- Plastik
- Isolatip
- Kawat

Cara membuat antena modem
- Lubangi tutup dandang seperti ini, agar angin mudah berhembus dan antena tidak mudah rubuh.

-  Lubangi tutup botol sedemikian rupa sehingga bisa direkatkan dengan tutup periuk. Tempelkan dengan menggunakan baut atau diikat dengan kawat pada bagian depan tutup periuk.
- Hampir aja lupa, tutup botol bagian tengah juga harus dilubangi buat kabel USB. jangan lebar-lebar ya? secukupnya saja, agar air tidak mudah masuk ketika terjadi hujan.
- Masukkan kabel USB 4/5 m dari belakang tutup periuk melalui celah tutup botol yang kamu buat tadi. Kabelnya yang sisi input (maaf tidak tahu namanya) :D .

- Pasangkan modem yang sudah ada kartunya yang sudah siap dipakai untuk internetan.
- Bungkus modem munggunakan plastik yang bening, rekatkan ujungnya dengan solatip agar modem tetap aman dari air hujan.
- Buat lubang fentilasi pada bagian samping botol, fungsinya agar modem tidak terlalu panas ketika dipakai. Usahakan lubang fentilasi berada dibagian bawah ketika dipasang.

- Pertemukan kembali botol dengan tutupnya (ciyyee :D). Rekatkan lagi dengan solatip agar lebih kuat.

- Kaitkan tutup periuk dengan galah bambu/tiang besi menggunakan kawat, ikat dengan kuat.
- Antena modem siap dipasang deh.
 Dengan alat seperti ini, modem akan berada pada ketinggian diatas atap rumah. Sehingga signal akan lebih mudah masuk pada modem kita. Pada beberapa kajadian modem tidak menyala karena kabel 5 m terlalu panjang. oleh karena it saya sarankan utuk memotongny menjadi 4 m saja.

Selamat mencoba! Semoga berhasil! Baca bismillah dulu!

Inspirasi : Ali Mutoha
Sunday, June 1, 2014

Artikel Hubungan Antara Islam dan Kesenian


Islam dan Seni

Oleh: Drs. H. Ahmad Mundakir, M. Si
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Pati

Kata seni berarti halus (dalam rabaan), kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak (didengar), mungil dan elok (tubuh), sifat halus. Dan secara etimologis seni dapat didefinisikan sebagai sanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bermutu tinggi (kamus, 1990:816). Ukuran tinggi di sini bersifat kualitatif, yakni apabila orang lain yang melihat dan menikmati hasil karya tersebut bisa mengatakan indah, kagum, atau luar biasa terhadap ciptaan tersebut.

Seni adalah sesuatu yang bersifat abstrak, dapat dipandang, didengar dan disentuh oleh jiwa tetapi tidak dapat dinyatakan melalui kata–kata. Sukar untuk men–takrif–kan seni secara tepat sesukar untuk menerangkan konsep keindahan dan kesenangan itu sendiri. Dalam pengertian seni, Al Farabi menjelaskan bahwa seni sebagai ciptaan yang berbentuk keindahan. Tidak jauh berbeda pendapat yang teoritik disampaikan Al Ghazali bahwa seni dengan maksud kerja yang berkaitan dengan rasa jiwa manusia yang sesuai fitrahnya.

Dalam Islam seni selalu menemui jalan buntu ketika memasuki wilayah kajian seni Islam. Di kalangan Islam terdapat pro dan kontra; PERTAMA, sampai saat ini belum ada lembaga apapun secara formal dan sistematis melakukan kajian seni secara komprehensif, filosofis, teoritik, praktik dan apresiatif yang mengatasnamakan lembaga seni Islam. Kelompok ini berpendapat bahwa seni Islam itu tidak ada. Dan yang ada hanyalah orang Islam berseni (Seniman Muslim)
KEDUA, Para seniman muslim berupaya menunjukkan berbagai dalil ‘aqliyah’ (Rasional) bahwa Al Qur’an sendiri mengandung nilai seni yang amat tinggi dan demonstratif. Sebagai contoh kecil, bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an digelar di mana–mana, demikian juga seni kaligrafi Islam–Arab.  Di samping itu para seniman muslim juga mencoba menggali dalil–dalil naqliyah (teks yang bersumber dari Al Qur’an maupun As Sunnah) yang menjelaskan tentang keindahan sebagai buah karya seni. Kelompok ini berpendapat bahwa seni merupakan salah satu dari kandungan ajaran Islam. Dalam hal ini tentu dinyatakan bahwa seni Islam itu ada.

Terlepas dari pro dan kontra di atas, kesenian Islam yang berkembang pesat sekarang adalah merupakan kesinambungan dari kesenian pada zaman silam yang telah berkembang dan dicorakkan oleh konsep tauhid yang tinggi kepada Allah SWT. Kesenian Islam memiliki khazanah sejarahnya yang tersendiri dan unik. Kesenian Islam terus berkembang di dalam bentuk dan falsafahnya yang berorientasikan sumber Islam yang menitikberatkan kesejajaran dengan tuntutan tauhid dan syara’.

Ditarik dalam lingkup yang lebih sempit, penyebaran dan perkembangan agama Islam di bumi Nusantara ini guna mengibarkan panji–panji tauhid juga tidak lepas dari unsur–unsur seni. Sunan Kalijaga misalnya, dan atau hampir keseluruh wali songo berkesenian sedemikian rupa, dengan dasar tauhid dan syariat Islam, guna mengenalkan serta

membumikan Islam di pulau Jawa. Tugas karya wali songo ini dalam berkeseniaan islam ini tentu  berbenturan dengan karya–karya seni yang telah mapan sebelumnya, yang bernafaskan animism–dinamisme yang dikawal oleh hegemoni kebudayaan   hindu–budha. Dan atau karya–karyaseni lama dimodifikasi sedemikian rupa, para penyebar  Islam pada periode awal ke Islaman Nusantara itu memasukkan nilai–nilai tauhid dan sekaligus menghapus nilai–nila iekstetika–filosofis yang bertentangan dengan ajaran islam.

Proses penciptaan sebuah karya seni budaya  dan atau pembentukan kesenian islam tidak pernah berhenti dan mandeg, karena daya kreatif seni adalah dorongan fitrah
 manusia yang diberikan oleh Allah untuk digunakan dalam rangka “memeriahkan“ kebesaran Allah. Berkesenian haruslah berporos dan beralamatkan pada perkara – perkara yang ma’ruf (kebaikan), sekaligus nahi mungkar, halal dan berakhlaq.

Dalam perkembangan peradaban kekinian, banyak sekali karya  seni tercipta yang melenceng dan  bertentangan dengan nilai – nilai syariat islam, menjadi kewajiban kita  semua  untuk member arahan dan masukan agar kembali pada konsep kesenian dalam perspektif Islam yang semestinya. Yakni konsep kesenian yang bisa membimbing manusia kearah ketauhidan, pengabdian dan pengabadian diri kepada  Allah SWT.
WALLAHU A’LAMU BISHSHAWAB…..

Sumber : Majalah SPEKTRA Edisi Pertama

Desain Jaket Organisasi Jurnalistik SPEKTRA Tarbiyatul Banin

Jeng jeeeeng, ini deh desain yang ane buat dari beberapa masukan dari teman-teman. Ya meskipun masih ada yang komplain (namanya juga organisasi) jadi ya tetep naik ke penjahit.
meskipun jadinya kayak gini, karena banyak pertimbanagan yang masuk akal dr penjahitnya.
kami tetap bersyukur dan memakainya dengan senang hati, ,
Terima kasih SPEKTRA Tarbiyatul Banin . . . .


Struktur Organisasi Kelas Desain Keren

nih kawan, ane tunjukin Struktur Organisasi Kelas di kelas ane dulu, ane buat sendiri lho yang buat, hehe, tapi backgroundnya download, entah download dari mana ane lupa, mohon ijin ya pak? saya download ny tidak bilang-bilang. :)
Ane pake program Inscape saat buat ini, klo Corel saya baru belajar, hehe
Cara buatnya cukup mudah
1. Buka Program Inscape.
2. Atur Size kertasnya, kalo ane sih menggunakan kertas A4.
3. Masukkan background  yang sudah didownload.
4. Yang terakhir corat-coret deh.